bharada

Cara Gampang Menanam Dan Merawat Bunga Alamanda Dalam Pot Bagi Pemula

Cara Gampang Menanam Dan Merawat Bunga Alamanda Dalam Pot Bagi Pemula
Cara Gampang Menanam Dan Merawat Bunga Alamanda Dalam Pot Bagi Pemula

Cara Menanam dan Merawat Bunga Alamanda Dalam Pot Bagi Pemula – Tanaman hias bunga alamanda (Allamanda cathartica) yakni tumbuhan bunga yang berasal daru Brazil. Bunga alamanda berwarna kuning dan bentuknya seperti terompet. Tanaman bunga alamanda ini mudah berbunga dan daunnya diminati ulat. Batangnya keras dan bergetah.


Klasifikasi Ilmiah Bunga Alamanda

Kingdom : Plantae

Phylum : Basidiomycota

Class : Magnoliopsida

Ordo : Apocynales

Famili : Apocynaceae

Genus : Allamanda

Species : Allamanda cathartica


Tanaman bunga alamanda ini banyak ditanam selaku flora hias halaman atau tanaman rambat penhias pagar rumah. Biasanya bunga alamanda dibudidayakan atau tanam melalui cara stek walaupun mampu juga dibudidayakan lewat biji. Umumnya memang bunga alamanda ini berwarna kuning, namun seiring pertumbuhan, bunga alamanda memiliki aneka macam warna sebab hasil penyilangan atau stek ada bunga alamanda putih, ungu, merah muda dan juga oranye.


Bunga alamanda mempunyai banyak faedah, faedah bunga alamanda ialah : getah batangnya dapat dipakai untuk mematikan belatung dan jentik nyamuk, obat penyakit kanker, dan pencegah basil dan bakteroi; daunnya mampu dipakai sebagai obat sembelit, mengobati deman, dan penawar racun; akarnya dapat menangkal penyakit kuning; bunganya untuk menghalangi komplikasi malaria dan pembengkakkan limpa; batangnya untuk obat disentri.


Karena selain untuk tanaman hias namun juga memiliki banyak manfaat khasiat banyak ootrang mulai menanam bunga alamanda ini. Jika anda ingin menanam bunga alamanda, berikut cara selengkapnya:


Cara Menanam Bunga Alamanda Dalam Pot


Persiapan Pot Tanam


Pilih dan siapkan pot yang cocok dengan ukuran tumbuhan bunga alamanda yang akan ditanam dan tentukan pot memiliki lubang drainase yang cukup.


Persiapan Media Tanam


Media tanam yang perlu disiapkan adalah media tanam berupa adonan tanah dan pupuk kandang yang telah matang atau kokompos. Setelah dicampurkan secara merata, diamkan media tanam selama 5-6 hari dan biarkan terkena sinar matahari tujuannya agara bibit hama dan penyakit pada media tanam mati.


Persiapan Bibit Bunga Alamanda


perbanyakan bibit bunga alamanda dapat dilakukan dengan cara generatif lewat biji ataupun dengan cara vegetatif lewat cangkok atau stek.Pilihlah bibit yang sehat dan segar serta mempunyai batang yang cukup kokoh.


Penanaman Bunga Alamanda Dalam Pot


Setelah seluruhnya siap, kerjakan penanaman. Masukkan bibit dalam pot dengan posisi tegak lurus, berikutnya masukkan media tanam yang telah di siapkan dalam pot hingga nyaris penuh.


Cara Merawat Bunga Alamanda


Lakukan penyiraman secara berkala dengan mengunakan gembor hingga seluru bab tumbuhan dan media tanamnya basah. Selain penyiraman, lakukan pemupukan secara rutin yakni setiap sebulan sekali biar nutrisi yang diharapkan untuk kemajuan dan kemajuan flora bunga alamanda terpenuhi. Selain itu lakukan pula perlindungan hormon perangsang bunga semoga bunga tumbuh lebih cepat setiap interval 2 minggu sekali.


Demikian artikel pembahasan perihal”Cara Menanam dan Merawat Bunga Alamanda Dalam Pot Bagi Pemula“, semoga berguna dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa



Advertisement

Iklan Sidebar