bharada

Cara Mudah Menanam Bunga Dahlia Dari Umbi Bagi Pemula Dengan Benar Dan Cepat Berbunga

Cara Mudah Menanam Bunga Dahlia Dari Umbi Bagi Pemula Dengan Benar Dan Cepat Berbunga
Cara Mudah Menanam Bunga Dahlia Dari Umbi Bagi Pemula Dengan Benar Dan Cepat Berbunga

Cara Mudah Menanam Bunga Dahlia Dari Umbi Bagi Pemula – Bunga Dahlia yakni tumbuhan perdu berumbi yang bersifat tahunan atau perenial, bunga ini berbunga di demam isu panas hingga ekspresi dominan gugur. Bunga Dahlia berasal dari Meksiko, sehingga Bunga Dahlia merupakan bunga nasional negara Meksiko. Terdapat aneka macam jenis bunga dahlia diantaranya Hanakerusai Dahlia, Bunga Dahlia Kuning, Hibotan Dahlia, Yukitemari Dahlia, dan masih banyak yang yang lain.


Klasifikasi Ilmiah Bunga Dahlia

Kingdom: Plantae

(tidak termasuk): Angiospermae

(tidak tergolong): Eudikotil

(tidak tergolong): Asteridae

Ordo: Asterales

Famili: Asteraceae

Genus: Dahlia


Karena bunganya yang indah, banyak orang yang menjajal menanam bunga dahlia di pekarangan rumah mereka atau diteras rumah mereka untuk memperindah performa rumah. Berikut Cara Menanam Bunga Dahlia:


Cara Menanam Bunga Dahlia


Syarat Tumbuh Bunga Dahlia


Bunga dahlia yang meningkat di Indonesia tidak hanya bertujuan sebagai penghias pekarangan atau kebun rumah, namun banyak pula orang yang berupaya membudidayakannya untuk tujuan komersil.


Tanaman bunga dahlia ini sungguh membutuhkan tempat terbuka sebab memerlukan banyak sinar matahari tanpa ada hambatan tertentu.


Tumbuhan dahlia mampu berkembang di tanah lempung berpasir yang mempunyai kandungan humus dan memiliki tata udara yang sangat bagus dan lahan yang gembur dengan pH atau derajat keasaman tanah sekitar 6,0-8,0. Tanaman dahlia cuma dapat tumbuh dengan sangat bagus di daerah daratan tinggi dengan ketinggian sekitar 700-1.000 meter dpl.


Cara Penyemaian Bibit


Terdapat beberapa teknik cara penyemaian bibit bunga dahlia ini, cara perbanyakan bibit mampu dapat dilakukan dengan memakai biji benih (Umbi bunga dahlia). Umumnya benih diambil dari tumbuhan dahlia yang sehat dan telah berusia sekitar 5 bulan, Selanjutnya biji benih tersebut pribadi disemai di bedeng semai.


Bedengan semai dibentuk dengan panjang sekitar 1 meter atau diubahsuaikan dengan panjang lahan. Bedengan tersebut dibentuk dari hasil percampuran pupuk sangkar dengan humus dan tanah yang subur dengan perbandingan 1:1:1.


Bedengan dibuat setinggi 5 cm. Setelah bedengan jadi, sebarkan bibit flora bunga dahlia lalu tutup kembali permukaannya tipis saja dengan tanah.


Pada animo kemarau lazimnya bedengan lebih sering ditutupi dengan menggunakan daun pisang yang telah dicuci atau karung goni yang sudah dibersihkan untuk menjaga kelemababnya.


Cara Menanam Bunga Dahlia


Pertama, rendam apalagi dulu umbi dahlia di dalam air yang bersih fungisida dan juga zat penumbuh flora, Perendaman tersebut tidak perlu terlalu usang agar umbi tidak kisut.


Setelah itu, siapkan pot dan juga media tanam, usahakan pot berskala besar setidaknya berdiameter sekitar 30 cm. Media tanam yang digunakan adalah dapat berupa adonan tanah, arang sekam dan juga kompos.


Jika sudah siap semua, segera lakukan penanaman. Tanaman bibit umbi dengan baik namun jangan hingga bab tunasnya ikut terkubur, pastikan tunas mesti berada di atas mendekat permukaan atas tanah. Kemudian , posisikan umbinya miring ataupun berbaring sebab pada posisi tersebut umbi dahlia tumbuh.


Pada 3 hari pertama penanaman, Anda dapat menempatkan tumbuhan pada kawasan yang teduh seteah itu dipindahkan ke tempat yang lebih terbuka. Lakukan penyiraman seperlunya pada flora, lakukan penyiraman ketika tumbuhan bunga dahlia perlu dikerjakan penyiraman.


Demikian artikel pembahasan tentang”Cara Praktis Menanam Bunga Dahlia Dari Umbi Bagi Pemula“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti artikel kami berikutnya. Sampai jumpa



Advertisement

Iklan Sidebar