bharada

Cara Menanam Dan Merawat Bunga Lily Dalam Pot/Polybag Agar Cepat Berbunga

Cara Menanam Dan Merawat Bunga Lily Dalam Pot/Polybag Agar Cepat Berbunga
Cara Menanam Dan Merawat Bunga Lily Dalam Pot/Polybag Agar Cepat Berbunga

Cara Menanam Dan Merawat Bunga Lily Dalam Pot/Polybag Agar Cepat Berbunga – Bunga Lili/Bunga Lily atau Bunga Bakung (Lilium Candidum L.) adalah jenis bunga yang berasal dari daerah dataran mediterania dan Asia Barat. Bunga lily ini mempunyai kelopak corong lancip dikala belum mekar, bunga lili ini juga indah dan bacin saat mekar terdapat aneka macam warana bunga lily seperti bunga lili merah, putih, kuning, pink, kuning, oranye, ungu hingga hampir hitam, dan terdapat pula corak berbentukbintik-bintik.


Klasifikasi ilmiah

Kingdom: Plantae

Divisi: Magnoliophyta

Kelas: Liliopsida

Ordo: Liliales

Famili: Liliaceae

Genus: Lilium


Bunga lili mengandung Flavonoid, Karotenoid, Sapion, Polisakarida, Pati, Colchicine, Protein dan Lemak. Dengan kandungan tersebut, bunga lili ini mempunyai berbagai faedah, berikut beberapa manfaat bunga lily: membantu mengobati demam, anti kanker, membantu menurunkan kolestrol, untuk obat luka dan lain sebagainya.


Untuk itu banyak orang mulai menanam bunga lily ini baik di lahan yang luas maupun dengan menggunakan pot/polybag tanam.. Jika anda ingin menanam bunga lili ini, berikut cara selengkapnya:


Cara Menanam Bunga Lily Dalam Pot/Polybag


Pembibitan Bunga Lily


Bibit bunga lily dapat diperoleh dari umbi yang sudah renta. Untuk mendapatkan bibit berkualitas, anda perlu mengambil umbi flora yang telah bau tanah dari indukan bermutu pula. Setelah bibit umbi ditemukan, sebelum ditanam semestinya umbi bunga lily tersebut direndam dalam air selama sekitar 24 jam.


Perendaman ini bertujuan semoga tunas dalam umbi cepat tumbuh. Agar proses perkembangan berlangsung baik, seharusnya umbi disemaikan terlebih dulu. Setelah bibit keluar tunas dan berkembang dengan baik barulah dipindah tanamkan ke media tanam seperti polybag ataupun pot.


Penanaman Bunga Lily


Setelah bibit semai telah mulai tumbuh tunas memiliki arti bibit tersebut sudah mampu mulai ditanam. Siapkan pot atau polybag tanam dengan ukuran yang disesuaikan, sesudah itu siapkan pula media tanamnya. Media tanam yang mampu dipakai berupa adonan tanah, pupuk sangkar atau pupuk kompos, dan pasir dengan perbandingan 1:1:1.


Pemindahan bibit dari kawasan penyemaian ke media tanam mesti hati-hati agar umbi tanaman tidak rusak. Sebaiknya proses pemindahan dilaksanakan pada pagi atau sore hari dikala sinar matahari tidak terlalu terik.


Perawatan Bunga Lily


Agar tanaman bunga lily mampu berkembang dengan baik maka perlu dilakukan perawatan secara teratur. Bunga lily termasuk flora bunga yang mampu cepat mengikuti keadaan dengan lingkungan baru dan tidak membutuhkan perawatan yang istimewa.


Agara tanaman tidak layu, kerjakan penyiraman secara berkala pada pagi dan sore hari. Penyiraman ini dijalankan seperlunya saja hingga tanah terlihat lembab saja sebab jikalau terlalu banyak air akan menyebabkan umbi flora membusuk.


Perawatan lain yang perlu dilakukan antara lain, penyiangan pada gulma yang ada disekitar tanaamana bunga lily di pot/polybag. selain itu, lakukan pula pemupukan secara terencana untuk mempertahankan unsur hara dalam tanah.


Demikian artikel pembahasan ihwal”Cara Menanam Dan Merawat Bunga Lily Dalam Pot/Polybag Agar Cepat Berbunga“, biar bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami selanjutnya. Sampai jumpa



Advertisement

Iklan Sidebar