bharada

Bimbingan Lengkap Cara Sukses Pembenihan Udang Vaname Bagi Pemula Dengan Gampang

Bimbingan Lengkap Cara Sukses Pembenihan Udang Vaname Bagi Pemula Dengan Gampang
Bimbingan Lengkap Cara Sukses Pembenihan Udang Vaname Bagi Pemula Dengan Gampang

Panduan Lengkap Cara Pembenihan Udang Vaname Bagi Pemula – Udang Vannamei atau udang Vaname (Litopeneaus Vannamae) ialah jenis udang yang berasal dari tempat sub tropis. Akan tetapi, udang vannamei ini mampu dapat dibudidayakan di tempat tropis mirip Indonesia dengan teknik yang tepat.


Udang vannamei memiliki 3 bab tubuh utama ialah kepala dan dada (Cephalothorax), tubuh (abdomen) dan ekor. Tubuh udang ini dilapisi kerangka luar yang sangat keras. Spesies dengan rostrum yang menyerupai lengan pada bab ujung chepalothorax di atas mata dan antennule ini banyak mempunyai keunggulan sehingga dalam usaha budidaya, mirip tahan kepada penyakit, mempunyai kemajuan cepat, serta jangka waktu pemeliharaan pendek sekitar 90-100 hari.


Cara Pembenihan Udang Vannamei


Perawatan Induk Udang Vannamei


Selama proses perawatan induk, perlu diamati beberapa hal mirip suhu, pH, kedalaman air, dan oksigen yang masuk ke dalamnya. Pilihlah indukan yang mempunyai gerakan sangat lincah dan warna tubuh jernih, organ badan lengkap, serta bentuk badan ramping dan memanjang. Kolam perawatan yang digunakan dipersiapkan terlebih dahulu dan untuk membantu pertumbuhan plankto selaku pakan alami untuk udang beri pupuk urea dan TPS setiap satu minggu sekali.


Selain itu, berrikan pula urea dan fermentasi probiotik supaya keseimbangan plankton dalam bak tetap terjaga. Dalam proses pemeliharaan, kondisi suhu harus dijaga semoga tetap dalam suhu normal antara 28°C-30°C, kalau suhu terlalu tinggi maka akan terjadi reaksi kimia yang dapat memajukan pH dan NH3.


Perkawinan Induk


Jumlah induk yang akan dikawinkan memiliki perbandingan yang sebanding sehingga benih yang dihasilkan akan optimal. Setelah dilakukan penyortiran, induk yang sudah siap meminjah mesti dipindahkan ke kolam peminjahan. Ukuran bak harus diamati sehingga akan efektif, dalam bak dipasang filter untuk menyaring telur yang kemudian akan dipindahkan untuk proses penetasan. Untuk menolong pemberantasan hama, seharusnya kolam diberi saponin sebanyak 10-12 ppm dan dibiarkan selama beberapa hari sebelum dipakai biar reaksinya hilang dahulu.


Penetesan Udang Vannamei


Kolam penetasan dan pemeliharaan segera disediakan untuk menampung telur yang dihasilkan. Saat udang tersebut telah menetas, induk harus dipisahkan dari telur untuk selanjutnya dipersiapkan untuk perkawinan berikutnya. Benih yang sudah melalui proses penetasan harus menunggu sekitar 120 hari untuk siap panen adalah berbobot 10-20 gram/ekor.


Pemberian Pakan


Frekuensi dukungan pakan yang diberikan pada udang vannamei cukup diberikan 2-3 kali dalam sehari sebab persediaan pakan alami dalam bak.


Pemanenan Udang Vannamei


Saat masa paneh udang vannamei tiba, udang tersebut dapat dipanen kapan saja, tetapi lebih baik jika dikerjakan sore hari untuk menyingkir dari kontak pribadi dengan sinar matahari dan menyingkir dari perubahan kulit dari udang tersebut balasan stres dan nantinya akan memiliki dampak pada penurunan harga jual. Terdapat dua cara pemanenan adalah pemanenan sebagian dan pemanenan keseluruhan. Pemanenan sebagian dijalankan untuk pengambilan udang yang telah menyanggupi ukuran yang diharapkan saja.


Demikian artikel pembahasan perihal”Panduan Lengkap Cara Pembenihan Udang Vaname Bagi Pemula“, supaya berguna dan jangan lupa ikuti artikel kami selanjutnya. Sampai jumpa



Advertisement

Iklan Sidebar