bharada

Air Terjun Siluman – Guyuran Misterius Di Tengah Hutan Langkat

Air Terjun Siluman – Guyuran Misterius Di Tengah Hutan Langkat
Air Terjun Siluman – Guyuran Misterius Di Tengah Hutan Langkat

Air Terjun Siluman – Membaca kata siluman apakah membuatmu berpikir tentang makhluk mistik seram? Kali ini tidak seperti pikiran itu, melainkan perihal siluman dengan pesona indah yang berada di Sumatera Utara.





Lalu kenapa jeram yang dibilang elok ini dinamakan siluman? Simak artikel berikut ini!





Alasan air terjun ini dinamakan Air Terjun Siluman adalah sebab letaknya berada di antara tebing kerikil tinggi yang menjadikan kesan menyeramkan dan menakutkan. Selain itu, air yang jatuh dari atas tebing datangnya tidak menentu. Kadang air terjunnya sangat deras, namun tidak jarang pula berkurang debitnya bahkan menghilang seperti siluman.





Air Terjun Siluman berada di Desa Garunggung, Kecamatan Sei Binge, Kabupaten Langkat. Kurang lebih berjarak sekitar 20 km dari Kota Binjai. Sebenarnya obyek wisata alam ini sudah usang dibuka, tetapi destinasi ini jarang dikunjungi dan gres-gres mulai timbul kembali.





air terjun siluman




Dari Kota Binjai menuju air terjun ini setidaknya membutuhkan waktu 30 menit menuju Desa Garunggang. Setelah sampai di desa ini, biasanya kita akan dihampiri oleh warga lokal yang memberikan jasa penanda jalan ke lokasi air terjun.





Perjalanan pun dimulai, kemudian sesampainya di tempat penderasan per orang akan dikenakan Rp 30.000 per orang. Namun jika dalam satu rombongan terdapat 5 orang, akan menerima diskon dengan hanya mengeluarkan uang Rp 150.000.





Dari pintu masuk, kita berikutnya menyusuri jalan setapak selama 1 jam sejauh 100 meter. Perlu diingat, jalanan ini cukup licin dan berlumpur saat trend hujan sehingga semestinya gunakanlah sepatu. Namun akan sungguh berdebu ketika trend kemarau.





air terjun siluman langkat




Perjalanan itu akan cukup menegangkan, alasannya di kanan dan kiri disambut dengan jurang dalam, jadi mesti hati-hati ya! Setelah itu kita akan datang di rumah paling ujung yang menawarkan keperluan mirip makanan dan air minum, disini kita bisa sekaligus beristirahat.





Sesampainya di Air Terjun Siluman, kita akan disambut dengan suara gemuruh iar yang berjatuhan dari ketinggan serta percikan air yang membasahi tubuh. Airnya sungguh acuh taacuh dan segar, warnanya hijau toska dengan dikelilingi panorama rimbun nan indah.





Disini, kita bisa berpuas-puas menikmati panorama dan tentunya jangan lupa abadikan setiap momenmu dalam bentuk video maupun foto! Selamat berlibur!


Advertisement

Iklan Sidebar